Sabtu, 10 November 2018

PERBEDAAN KIPAS ANGIN AC DAN BLOWER


Tahukah Anda jika kipas angin ac dan juga blower itu berbeda? Banyak sekali masyarakat yang menganggap jika blower dan juga kipas angin ini adalah hal yang sama padahal keduanya merupakan benda yang berbeda. Mungkin banyak yang menganggap benda ini sama karena bentuknya ayng sama dan juga fungsinya yang mungkin tak jauh beda. Padahal jika ditelisik lebih lagi kedua benda elektronik ini berbeda, karena banyak sekali orang yang masih sering salah paham dengan kipas angin dan juga blower maka pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi mengenai perbedaan kipas angin ac dan blower, Berikut ini adalah informasi pentingnya untuk Anda : 

1.    Tekanan angin
Salah satu perbedaan yang menonjol dan harus Anda ketahui dari blower dan juga kipas angin adalah yang pertama tekanan anginnya. Biasanya tekanan angin dari blower ini akan lebih besar dibandingkan tekanan kipas angin. Sedangkan untuk tekanan udara dari kipas angin atau fan ini biasanya akan cenderung lebih kecil. Jadi dari tekanan udaranya saja sudah berbeda ya, yang tekanan anginnya kencang berarti itu blower sedangkan yang tekanan udaranya kecil berarti itu merupakan kipas angin atau fan. 

2.    Tekanan gas
Jika tadi pada poin di atas kita sudah membahas mengenai tekanan gas, maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi lain mengenai perbedaan kipas angin ac dan blower yaitu pada tekanan gasnya. Sama seperti tekanan angin yang tadi dibahas di nomor satu, tekanan gas dari blower ini biasanya lebih besar ketimbang tekanan gas dari kipas angin atau yang sering disebut sebagai fan. Jika blower biasanya bisa menghasilkan tekanan gas sebesar 1.1 hingga 1.2. Sedangkan unntuk fan atau kipas angin menghasilkan tekanan gas sebesar 1.1 saja. Tak jauh beda ya.. 

3.    Aliran udara
Perbedaan kipas angin ac dan blower yang ketiga adalah dari aliran udaranya. Jika blower ini akan mampu menciptakan aliran udara dengan volume yang lebih besar, blower mampu menciptakan volume transfer udara yang lebih besar ketimbang kipas angin atau  fan. Sedangkan untuk volume aliran udara dari kipas angin sendiri bisa dibilang cukup kecil ya. 

4.    Kegunaan dari kipas angin dan blower
Yang keempat, adalah bisa dilihat dari kegunaannya. Kegunaan dari kipas angin sendiri berfungsi untuk menciptakan aliran gas yang berkelanjutan secara mekanis. Kipas angin sendiri biasanya digunakan untuk pendingin udara, memanfaatkan udara sebagai media penghantar. Sedangkan untuk kegunaan atau fungsi dari blower sendiri adalah untuk meningkatkan tekanan gas. Untuk aplikasi dari benda elektronik blower ini biasanya digunakan untuk menghisap udara dalam sebuah ruangan hingga kondisinya menjadi vakum. Beberapa orang juga menggunakan blower untuk kepentingan lain seperti misalnya saja untuk mengeluarkan gas dari ovenkokas atau exhauster. 

5.    Harga
Sebenarnya masih banyak sekali masyarakat yang bingung membedakan antara kipas angin dan juga blower karena pada dasarnya bentuk mereka hampir sama. Hanya ada beberapa komponennya saja yang berbeda. Setelah kita bahas hingga poin keempat ternyata cukup banyak perbedaan antara kipas angin atau fan dengan blower. Dari segi volume udara yang dihasilkan terutama. Selain dari volume aliran udara, dan juga kegunaannya. Kita juga bisa melihat dari segi harganya. Biasanya untuk kipas angin ini memiliki harga yang lebih terjangkau daripada blower. Dan karena blower sendiri dimanfaatkan untuk hal yang lebih kompleks maka untuk harga blower biasanya akan lebih mahal.

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda semua mengenai perbedaan kipas angin ac dan blower. Ternyata kedua benda yang sering kita anggap sama ini memiliki perbedaan yang cukup banyak juga ya. Dan blower tentu saja juga berbeda dengan air cooler atau yang sering kita sebut sebagai ac ya. Sekarang Anda semua sudah paham dan mengerti bukan perbedaan dari blower dan juga kipas angin atau fan. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan juga bermanfaat bagi Anda semuanya!

0 komentar:

Posting Komentar